Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar

Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar “Wajib Baca”

Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana mengetahui ciri-ciri air radiator rembes ke ruang bakar, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Dalam hal ini pastinya bagi pengguna sepeda motor pernah mengalami hal demikian yakni air radiator rembes yang himbasnya masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini kenapa bisa rembes…?? karena pasa permukaan head atau cylinder tidak rata yang dikarenakan overheat, apalagi bila motor sudah di bore-up maka sangat memungkinkan terjadinya deformasi pada permukaan sehingga air coolant dapat menyelinap ke ruang bakar.

Untuk hal ini ada penyebab kenapa air radiator ke mesin atau ruang bakar mesin atau silinder mesin. Tanda air radiator bocor ke ruang pembakaran mesin bisa dideteksi dari awal yakni air radiator muncrat saat distarter atau saat mesin di gas dengan kondisi tutup radiator terbuka dan adapun ciri atau deteksi air yang lain berikut ini.

Ciri-Ciri Air radiator Rembes Ke Ruang Bakar

Nah untuk bagaimana mengetahui bisa berbagai cara misalnya dengan membuka tutup radiator dan isi air sampai ke permukaan supaya bisa mengetahui apakah ada gelembung atau tidak, gelembung disini yang dimaksud ialah gelembung besar yang timbul jika throttle gas ditarik.

Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar
Dan beberapa ciri-ciri lainnya ialah kendaraan susah dihidupkan karena adanya rembesan air yang masuk ke ruang bakar, cara testnya ialah dengan geber motor kalian hingga redline RPM kemudian matikan mesin, nyalakan mesin apakah jadi sudah nyala..??

Knalpot berasap putih, bukan hanya karena oli yang terbakar tetapi coolant yang masuk ke ruang bakar bisa menyebabkan knalpot berasap putih.

Intake manifold dan lubang exhaust ada air coolantnya, jika sudah parah maka begitu kalian melepas pipa knalpot dari lubang exhaust maka akan terlihat air yang banyak.

Jika sudah sangat parah maka air akan memenuhi ruang bakar dan tidak bisa diengkol sama sekali, hati-hati bila memaksakan mengenkol karena bisa menyebabkan setang seher menjadi bengkok. Dan air radiator bisa rembes karena deformasi blok/head akibat overheating, pemasangan gasket yang salah dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Ciri-Ciri Air Radiator Rembes Ke Ruang Bakar | Heri Marianto | 4.5
Shares