Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop “Yang Wajib Diketahui”

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop – Untuk teknologi pada sekarang ini memang sudah sangat berkembang, terutama teknologi pada kendaraan bermotor. Untuk saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah beragam. Banyak sekali tambahan teknologi-teknologi baru yang disematkan pada sepeda motor saat ini. Yang salah satu teknologi sepeda motor yang terbaru saat ini ialah teknologi injeksi. Teknologi injeksi ini memang masih terbilang baru disematkan di dalam motor anda. Mobil dan kendaraan roda 4 lainnya sudah terlebih dahulu menyematkan teknologi injeksi. Sebenarnya teknologi macam apa sih injeksi itu..??

Pengertian Motor Injeksi

Dalam hal ini injeksi merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang dimana bertugas menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Untuk sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Cara Kerja Motor Injeksi

Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat supaya dapat mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR “Air-fuel ratio” yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

AFR

Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.

Electronic Contorl Module

Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi-kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.

Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop

Dengan era teknologi yang semakin maju khususnya di teknologi motor injeksi sekarang ini, banyak bengkel umum yang sadar untuk segera mempelajari sistem pengkabutan bahan bakar elektronik ini. Yang salah satunya yaitu dengan diagnostic tool, semua kinerja komponen dalam injeksi motor bisa dilihat dengan mudah. Sayangnya ATPM baik Honda, Yamaha dan merk lainnya tidak menjual bebas perangkat ini dan dikhususkan hanya untuk bengkel resmi. Mendeteksi kerusakan atau setting motor injeksi dapat menggunakan Diagnostic Tool. Nah berikut ini beberapa model diagnostic tool sesuai dengan merk motor, simak ulasan dibawah ini.

Cara Menggunakan HiDS “Honda Injection Diagnostic Tool”

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop

Dalam hal ini untuk menggunakan HiDS yaitu dengan menyambungkan alat ini pada sistem injeksi dari Electronic Control Unit “ECU” semua kerusakan serta kinerja semua sensor sudah langsung terdeteksi. Sebenarnya alat satu ini mirip HDS “Honda Diagnostic System” dari Thailand yang khusus buat motor Honda supra X125 injeksi, tetapi HiDS buatan Indonesia bisa digunakan ke semua jenis motor honda Injeksi.

Cara Menggunakan YDT “Yamaha Diagnostic Tool”

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop

Dalam penggunaan alat ini harus di-instal dengan menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi minimal processor 1 GHz 32 bit, RAM 512 MB, minimal kapasitas hardisk 40 GB dan menggunakan operation system Window XP atau Vista. Setelah CD di-install kemudian colok soket yang sesuai, terus anda dapat mengetahui kalau alat ini memiliki 8 fungsi utama yakni untuk mengetahui malfunction, diagnosis, inspection, CO, monitoring, logging, log viewer dan juga re-programing ECU.

Cara Menggunakan KDS

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop

Dalam hal ini perangkat KDS “Kawasaki” dalam bentuk software harus di-install lewat laptop atau PC. Untuk menghubungkan dengan motor injeksi ada disitu konektor berupa adaptor interface. Alat ini dapat digunakan untuk membaca kerusakan pada sepeda motor Kawasaki Injeksi, seperti ER-6n, Ninja 650, ZX-6R D-Tracker dan KLX 250.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Cara Setting Motor Injeksi Dengan Laptop | Heri Marianto | 4.5
Shares