Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!!

Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!! “Untuk Diketahui”

Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!! – Nah untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang dimana mungkin sebagian pengguna atau pemilik Yamaha Vixion tanyakan, nah buat agan-agan yang penasaran Yukk,,,,, simak informasi lebih selengkapnya dibawah ini. Ya,,, seperti yang kita ketahui sekalian bahwa apapun merek motor injeksi “Honda, Kawasaki, Yamaha, Suzuki” model “Yamaha Vixion, Mio, Cbr 150” dan lain sebagainya pasti sudah mendapatkan settingan CO standard dari pabrikan sejak motor tersebut dibuat sudah diriset di kembangkan oleh enginer yang handal.

Yang bahkan hal tersebut juga telah direkomendasikan bagi pemilik sepeda motor baru injeksi untuk tetap mempertahankan setting CO dari pabrikan, hal ini dikarenakan memang sudah sesuai dengan standard EURO II atau EURO III yang mengatur emisi/gas buang kendaraan pada saat ini.

Dalam hal ini lalu kenapa,, sebagian pengguna Yamaha New Vixion melakukan setting CO pada motor Vixion…!!!

Berikut ini merupakan beberapa alasan seseorang melakukan penggantian atau mengubah settingan CO pada motor injeksi Yamaha Vixionnya diantaranya yaitu:

  • Pemilik motor injeksi Yamaha New Vixion melakukan settingan karena merasa bahwa motornya tidak sesuai harapan yakni kurang kencang dan bertenaga dengan melakukan settingan CO maka motornya lebih bertenaga diatas motor standard.
  • Keadaan lingkungan tempat tinggal pengguna Yamah New Vixion tersebut terlalu cenderung dingin untuk itu disetting CO nya. Tapi kebanyakan orang melakukan settingan CO karena ingin motornya lebih bertenaga dan lebih cepat menyentuh angka 100 kpj.
  • Ingin merasakan motor dengan bahan bakar yang sedikit agak boros untuk belajar naik level ke 250 cc dan lain-lain.

CO atau orang menyebut dengan istilah karbon monoksida ialah gas tidak berwarna, gak berbau dan tidak terasa. Karbon monoksida tersebut muncul dari pembakaran ngak sempurna di dalam mesin pembakaran dalam akibatnya kekuarangan oksigen atau kelebihan bensin dari kesalahan setting ala penyuplai gas bakar sistem manual.

Pabrikan sendiri menegaskan bahwa tidak perlu lagi melakukan settingan CO, tapi banyak juga pengguna Yamaha New Vixion yang penasaran terhadap settingan CO yang bisa meningkatkan tenaga pada New Vixion. Alat yang digunakan untuk setting CO ialah FI diagnostic tools, alat yang satu ini hanya dimiliki oleh dealer atau bengkels resmi Yamaha. Jadi kalau agan-agan ingin setting CO pada motor New Vixion maka harus ke bengkel resmi Yamaha.

Cara Kerja Alat FI Deagnostic Tools

Untuk cara kerja alat ini yakni dia bekerja kalau alat ini di colokan ke kabel ECU “electronic , control unit” dan dihubungkan ke aki + dan – maka alat ini akan hidup dan menampilkan informasi lengkap yang dibutuhkan. Misalnya kondisi motor injeksi tersebut atau komponen kinerja injeksi tersebut dan salah satunya yakni settingan CO yang banyak ditanyakan pengguna motor Yamaha New Vixion.

Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!!

Untuk penyetingannya sendiri alat FI Diagnostic Tools terdiri dari tiga kabel. Untuk kabel yang berwarna hijau disambungkan ke self diagnostic yang posisinya di bawah jok, kemudian untuk kabel yang berwarna merah dihubungkan ke (+) aki dan kabel warna hitam dihubungkan ke (-).

Untuk setting CO di motor injeksi yakni kunci kontak harus dalam kondisi ON atau menyala, Jika motor sudah menyala maka kalian bisa memilih mode CO untuk mensetting CO motor Yamaha New Vixion tersebut, selanjutnya kalian bisa down “turunkan CO” atau up “untuk menaikan CO”, kami sarankan jika ingin setting CO lebih baik dilakukan dibengkel resmi sepeda motor kalian “Yamaha, Honda, Kawasaki, dll”.

Efek Dampak Setting CO Pada Motor Injeksi

Dalam hal ini menurut Riswandi, Manager Education-Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia “YMKI” Efek yang terjadi jika setting CO ditambah misalnya +6 atau +10 maka tenaga motor menjadi bertambah, akibatnya emisinya juga berlebih alias motor menjadi sedikit agak sedikit boros.

Pengalaman pengguna Yamaha New Vixion pernah tidak setting CO + 10 kemudian filternya koak dan tenaga motor menjadi lebih agresif. Untuk menuju 100 kpj menjadi lebih cepat dibandingkan tidak disetting CO dan koak filter udara. Dalam hal ini tidak setting CO kurang lebih sekitar 1 tahunan tapi sekarang sudah tidak setting standard lagi karena dulunya bensin menjadi agak boros,, dengan setting standard lagi maka bensin balik seperti awal “standard” menjadi irit.

Untuk motor Yamaha New Vixion ini penyetingan range “jarak” yakni -30 sampai +30 untuk diketahui bahwa penambahan satu angka maka akan terjadi penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc. Sedangkan jika dikurangi maka berkurang 0,05 cc, sebagai contohnya jika kalian menambah CO + 10 maka 0,05 x 10 = kalian hitung sendirinya,,,, hehe. Ya kurang lebih setting CO itu untuk membuat suplay bahan bakar menjadi lebih banyak bahasa kerennya yakni campuran gas bakar akan kaya bensin sehingga tenaga yang dihasilkan lebih mantab,,,,!!

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.  🙂 🙂 🙂

Baca Juga

Inilah Cara Setting CO Yamaha New Vixion !! Untuk Meningkatkan Tenaga !!! | Heri Marianto | 4.5
Shares