[Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup

[Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup “Yang Wajib Diketahui”

[Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi lampu depan motor yang mengalami seperti redup,,nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Sistem penerangan sangat diperlukan sekali karena untuk keselamatan pengendara, baik di malam hari maupun di siang hari ketika langit mendung, selain itu sistem penerangan juga berfungsi untuk memberi tanda atau isyarat pada kendaraan lain. Sistem penerangan pada sepeda motor ada dua fungsi yakni sebagai penerangan dan sebagai peringatan atau isyarat.

Sistem penerangan yang masuk dalam fungsi penerangan yakni lampu kepala, lampu belakang dan lampu-lampu instrumen. Sedangkan sistem penerangan yang masuk dalam fungsi peringatan yakni lampu rem, lampu sein/tanda belok, lampu netral pada persneling, lampu tanda pengisian “pada beberapa sepeda motor atau biasanya motor EFI yang lebih lengkap”.

Fungsi Sistem Penerangan Lampu Kepala

Sistem penerangan lampu kepala memiliki fungsi untuk menerangi bagian depan dari sepeda motor ketika dijalankan pada malam hari atau ketika langit mendung.

Bagi pengendara motor pastinya tidak nyaman atau tidak puas apabila sewaktu mengendarai motor pada malam hari pada lampu atau penerangan depan motor mengalami masalah lampu redup atau kurang terang. Sehingga untuk melihat kurang jelas jalan didepan apalagi sewaktu hujan, hal ini bisa berbahaya malah bisa berakibat fatal bagi pengendaranya.

Hal ini pernah dialami pengendara lainnya yang dimana motor bebek Vegar R yang keluaran tahun 2004, mangalami masalah lampu depannya redup. Padahal sebelumnya lampu depan Vega R motor ini cukup terang. Entah kenapa sinar lampu motor tersebut menjadi redup. Akhirnya mencoba untuk mencari tahu apa yang jadi penyebabnya dengan cara mengamati hal yang biasa dimana bila saklar lampu jauh dan dekat ditekan keatas dan kebawah.

Akhirnya menemukan bahwa bila saklar lampu jauh ditekan maka lampu panel di dashboardnya menyala dengan terang dan bila saklar lampu dekatnya ditekan, maka lampu panelnya menyala tetapi redup. Padahal kalau lampu penel dashboard tidak akan menyala kalau saklar lampu dekat dihidupkan.

Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup

Setelah mencari-cari tahu lewat internet akhirnya menemukan jawaban bahawa bila lampu menjadi redup hal ini dikarenakan arus yang masuk ke lampu tidak dapat disalurkan kembali dengan baik ke body ( ground ). Jadi ngambil kesimpulan bahwa ada yang salah dengan kabel yang menuju ke body / ground. Akhirnya mencoba untuk otak-atik sendiri untuk melakukan pembedahan terhadap motor tersebut mulai dari kap lampu depan hingga dengan cover body samping kanan. Setelah ditelusuri dari dudukan lampu depan yang memiliki tiga cabang kabel.

Ada satu kabel yang berwarna hitam yang tersambung dengan socket cabang dua dengan kabel yang juga berwarna hitam. Satu cabang terhubung dengan socket ke panel lain, dan satu cabang lagi terhubung ke body yang terletak di dekat spul pengapian busi.

[Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup

Ujungnya pun mengganti kabel yang berwarna hitam yang terhubung ke body motor dan memeriksa kondisi tembaga kabel. Ternyata kondisi tembaga telah menghitam alias mengalami korosi. Setelah selesai proses penyambungan kabel kemudian mencoba untuk menghidupkan mesin motor.

Dan mencoba menekan tombol lampu jauh dan dan dekat. Ternyata sewaktu ditekan tombol lampu dekatnya, lampu panel dashboard tidak lagi menyala setelah dicoba berkendara pada malam hari lampu depan motor kembali menyala terang seperti biasanya.

Nah itulah pengalaman yang pernah dialamin pengguna motor yang lainnya, semoga dengan adanya [Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup bisa menambah pengetahuan bagi anda apabila terjadi pada motor anda sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Termudah] Penyebab & Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup | Heri Marianto | 4.5
Shares