Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !!

Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !!
5 (100%) 1 vote

Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !!

Cara Cek Oli Motor – Nah pada kendaraan bermotor, fungsi oli cukup penting, selain berfungi sebagai pelumas, oli mesin juga berperan sebagai perangkat pendinginan mesin. Kedua fungsi ini akan terganggu apabila kondisi oli mesin buruk atau bahkan kurang oleh sebab itu penting bagi kita para pemilik motor untuk bisa minimal mengecek apakah kondisi oli mesin masih layak dipakai atau perlu diganti.

Lantas mengapa oli perlu dicek secara rutin ?? alasan yang paling masuk akal ialah ketika mesin bekerja, pasti ada deposit atau kerak sisa pembakaran yang bocor kebagian bawah piston. Dan disini itu akan terbawa oleh sirkulasi oli. Sehingga warna oli tersebut semakin lama akan semakin menghitam.

Alasan lain oli kalau terkena panasa secara terus menerus akan semakin encer dan semakin encer oli maka sifat pelumasannya akan semakin berkurang. Oleh sebab itu disini akan kita ulas detail cara mengecek kondisi oli mesin apakah masih bagus, kurang atau perlu diganti.

Pastikan Memarkirkan Motor Pada Area Yang Memiliki Permukaan Rata

Ini bertujuan agar kerataan oli didalam mesin motor bisa sesuai sehingga pengecekan oli pun berlangsung secara akurat.

Gunakan Standar Tengah

Hal ini juga penting, kalau kalian langsung membuka tutup oli saat motor masih distandar samping hasilnya akan kurang, itu karena posisi motor saat distandar samping, akan miring. Dan sehingga permukaan oli akan lebih tinggi pada salah satu sisi dan lebih rendah dari sisi lain, oleh karena itu kalau kita pakai standar tengah posisi motor akan rata sehingga permukaan oli juga rata.

Tunggu Hingga Suhu Mesin Dingin

Apabila kita mengecek oli disaat suhu mesin masih panas, maka pengecekan tersebut kurang akurat. Sebabnya mesin yang masih panas artinya mesin tersebut baru saja dimatikan. Sehingga oli mesin belum sepenuhnya kembali ke oli pan “masih ada oli yang menempel pada komponen mesin lain” sehingga saat kita cek, volumenya berkurang. Pengecekan saat suhu dingin, akan meastikan bahwa oli didalam mesin sudah sepenuhnya turun ke oil pan, sehingga pengecekan bisa lebih akurat.

Buka Penutup Oli Mesin

Untuk motor bebek dan sport “mesin didepan” umumnya menggunakan jenus tutup menonjol, sehingga untuk membuka tutup oli ini kalian memerlukan bantuan tang. Sementara itu ada beberapa motor khususnya matic menggunakan model tutup berlubang, sehingga untuk membukanya diperlukan obeng-besar. Untuk membuka tutup oli caranya cukup putar tutup oli tersebut berkebalikan dengan jarum jam. Setelah itu, tarik tutup oli maka tutup oli beserta deep stik bisa terlepas dari mesin.

Bersihkan Ujung Penutup Oli Dari Oli Lalu Masukan Kembali Penutup Oli Ke Mesin

Setelah tutup oli terlepas jangan langsung membaca deep sticknya tapi bersihkan dulu stik /level oli yang menempel dibawah tutup oli menggunakan kain lap. Setelah bersih kalian masukan lagi tutup oli kedalam mesin dan kencangkan hingga seperti semula.

Ini berfungsi agar pembacaan bis lebih akurat, kalau kita langsung membaca stik oli saat itu juga pasti hasilnya akan penuh karena saat mesin bekerja semua permukaan stik oli akan terlumuri oli. Namun apabila kita bersihkan oli yang menempel pada stik, maka pembacaan level berikutnya bisa lebih akurat.

Lepas Kembali Tutup Oli Dan lihat Ketinggian Olinya

Lepas kembali tutup oli seperti cara diatas, lalu kalian perhatikan ketinggian oli pada level oli. Oli mesin dikatakan memiliki volume yang cukup apabila volumenya ada diantara lower dan upper level “berada  ditengah stik”, namun kalau tidak tampak oli pada stik/stik oli kering maka bisa dipastikan oli berkurang.

Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !!

Solusinya kalian bisa tambahkan oli ke mesin hingga volumenya cukup atau dengan mengganti oli motor apabila sudah lama motor kalian tidak ganti oli. Cara termudah mengetahui apakah oli masih bagus atau tidak yakni dengan melihat warna oli tersebut.

  • Apabila warna oli kekuningan itu tandanya oli masih bagus.
  • Apabila warna oli kuning kecoklatan, kemungkinan ini muncul setelah motor digeber dalam waktu lama.
  • Apabila warna oli hitam, tandanya oli sudah perlu diganti.

Kesimpulan:

Pertama kalian lihat warna olinya, kalau masih kuning atau coklat maka oli masih bisa dipakai, kalian hanya tinggal menyesuaikan volumenya apakah kurang atau pas. Namun kalau warna oli hitam langsung ganti saja dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Cara Cek Oli Motor,, Apa Harus Diganti Atau Ditambah !! | Heri Marianto | 4.5
Shares