Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya

Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya “Untuk Diketahui”

Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Crankcase New Jupiter MX yang pecah atau jebol, serta faktor dan juga penyebabnya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simka pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Crankcase “bak engkol” biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam. Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya yaitu komponen:

  • Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor.
  • Pompa oli.
  • Kopling.
  • Poros engkol dan bantalan peluru.
  • Gigi persneling atau gigi transmisi.
  • Sebagai penampung oli pelumas.

Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautan pada rangka sepeda motor. Dalam hal ini Crankcase New Jupiter MX pecah atau jebol,, kok bisa?? Crankcase dapat pecah atau jebol karena ada beberapa faktor dan penyebab diantaranya:

Motor Sudah Di Modifikasi

Yang pertama karena motor sudah dimodifikasi, jika motor sudah modifikasi jeroan mesinnya apalagi sampai bore up atau panjangin/pendekin langkah maka resiko stang piston patah dan membentur crankcase yang akhirnya berujung pecah.

Kurangnya Perawatan

Yang kedua karena faktor kurangnya perawatan, faktor kurangnya perawatan disini bisa dari penggantian oli mesin yang telat dan air radiator yang telat pergantian atau jarang cek hingga habis. Jika telat ganti oli yang berujung motor sering over heat maka piston dan dinding cylinder akan aus bahkan sampai baret-baret.

Jika sudah sampai aus parah maka kerenggangan antara piston dengan cylinder akan lebar sehingga terjadi koncking karena stang piston saat langkah naik turun sudah tidak beraturan lagi dan semakin lama stang piston akan patah yang berujung stang piston membentur crankcase dan pecah.

Air radiator juga bisa menjadi penyebab meski dalam kondisi jangka panjang, jika kita sering lupa ganti air radiator secara teratur maka jika air radiator sudah tidak bisa mendinginkan mesin dengan maksimal bahkan air radiator sampai habis maka mesin akan sering mengalami over heat alhasil stang piston bahkan piston cepat aus memicu stang piston patah.

Terkena Benturan Benda

Yang ketiga, crankcase bisa pecah karena lebih sering terkena benturan benda asing dari luar atau benda tajam. Hal ini sering terjadi ketika kita melewati jalanan yang kondisinya sangat parah berbatuan, jadi saat riding tiba-tiba ada benda yang berbenturan dengan crankcase motor kita meski tampak terlihat cover bodi motor masih utuh. Sering terjadi karena berbenturan dengan polisi tidur yang sangat tinggi, karena salah spekulasi saat melewati polisi tidur maka crankcase terbentur poldur apalagi motor matic sangat beresiko dalam hal ini.

Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya

Pendinginan Yang Terlalu Cepat

Yang keempat karena faktor pendinginan yang terlalu cepat, motor yang dalam kondisi mesin panas apalagi setelah jalan jarak jauh tiba-tiba ada genangan air atau banjir yang tingginya sampai merendam mesin dan kita langsung main nyemplung saja maka ini berisiko pendinginan yang sangat cepat terjadi di mesin bisa mengakibatkan stang piston bengkok, beruntung kalau cuma bengkok tapi kalau sampai satng piston patah makan beresiko stang piston membentur crankcase dan jebol.

Akibat menerjang banjir juga beresiko air masuk dan bercampur oli didalam mesin akan terjadi milky oil alias oli susu. Milky oil ini sangat berbahaya merusak semua komponen yang saling bergesekan didalam mesin, termasuk piston dan cylinder berakibat aus dan terjadi knocking berlebihan di stang piston alhasil bisa berakibat stang piston bengkok dan patah membentur crankcase dan pecah,,oiya… air radiator bercampur oli juga bernasib Milky Oil.

Cacat Produksi

Yang kelima karena faktor cacat produksi, untuk faktor cacat produksi disangsikan kalau baru pecah dua tahun kemudian. Jika cacat produksi di crankcase misalkan karena adanya gelembung udara di dalam crankcase karena faktor cetak yang tidak sempurna biasanya crankcase tidak akan jebol melainkan hanya keluar rembesan oli atau bahkan terjadi retakan di dinding crankcase. Kalau misalkan crankcasenya pecah pasti sebelumnya akan ada rembesan oli dulu di beberapa hari sebelumnya.

Nah untuk kasus yang terjadi saat ini motor NJMX ini, jika dilihat dari posisi stang pistonya maka crankcase NJMX ini jebol karena benturan:

Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya

  • Benturan dari stang piston yang patah dan menabrak crankcase alhasil pecah, kanapa stang piston bisa patah/bengkok? bisa karena modifikasi, telat ganti oli. Air radiator akan terjadi over heating dan knocking di stang piston. Milky oil serta nekad menerjang banjir.
  • Benturan dari luar, benturan dari luar misalnya terkena poldur atau benturan batu sehingga pecahan crankcase masuk kedalam mesin bahkan pecahannya masuk ke terselip di crankshaft maka crankshaft tiba-tiba berhenti dengan mendadak dan berakibat stang piston bengkok.

Demikianlah pembahasan mengenai Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Crankcase New Jupiter MX Anda Pecah Atau Jebol ?? Inilah Faktor & Penyebabnya | Heri Marianto | 4.5
Shares