Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun “Wajib Baca”

Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun – Dalam hal mengganti minyak rem,,pastinya masalah sering muncul adalah dengan adanya angin palsu yang menyelinap di sistem hidrolis ini. Hal tersebut dapat berbahaya,, hal ini karena dapat menyebabkan rem dapat menjadi blong pada saat tuas ditekan akan tetapi brake pad tidak mau menjepit cakram,, kemudian bagaimana cara untuk dapat mengeluarkannya?? Nah berikut dibawah pemaparan untuk lebih jelasnya.

Cara Membuang Angin Di Minyak Rem

Dalam hal ini terdapat 3 cara yang paling sekali sering dipakai untuk dapat membuang angin palsu sekaligus cara mengisi minyak rem pada master rem, yakni caranya terbilang mudah dan cepat serta tidak sampai 5 menit untuk melakukannya dan kalian hanya perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu untuk memperbaikinya. Untuk hal ini yang kita butuh sebuah selang bening yang bisa kalian beli ditoko bangunan dan dengan panjangnya kurang dari 1 meter lalu suntikan berkapasitas besar dan biasanya didapat dari bekas suntikan tinta printer ataupun dapat beli di toko-toko peralatan medis. Dan jangan lupa sediakan pula air dan lap basah alat tersebut untuk menetralisir minyak rem bila nantinya mengenai permukaan cat motor karena bila dibiarkan dapat merusak cat body.

Trik Bagaimana Mengatasi Minyak Rem Yang Tidak Turun

Adapun untuk trik mengatasi minyak rem yang tidak turun yang diantaranya yaitu:

Trik Isap Mengatasi Minyak Rem Tidak Turun

Untuk teknik ini sering sekali digunakan bila sedang melakukan pengisian minyak rem atau setelah mengganti selang dan master rem serta untuk mengisi kaliper motor yang pistonnya lebih dari dua. Dan pada saat mengganti master atau selang rem selanjutnya kita mengisi minyak rem yang melewati tabung minyak rem yang berada di setang karena butuh waktu yang cukup lama menunggu minyak rem bisa turun ke bawah. Dan agara bisa cepat turun,,caranya dengan menghisapnya dari bawah supaya minyak rem bisa cepat turun dengan memakai selang yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk caranya ialah dengan mengendorkan nepel di kaliper dengan menggunakan kunci 8 atau 10 tergantung dari jenis sepeda motornya.

Kemudian sambungkan selang transparan tersebut ke nepel selanjutnya kendurkan nepel. Bila sudah lanjutkan dengan mengisi tabung master rem diatas sampai penuh dan lanjutkan dengan memompa tuas rem atau handel rem. Sambil kalian memompa atau mengocok, sedot atau isap selang yang terhubung dengan nepel yang sudah kalian kendorkan tadi. Serta awas perhatikan minyak remnya jangan samapi masuk ke mulut,, hal ini karena semakin panjang selang yang digunakan maka semakin aman. Dan serta perhatikan juga minyak rem yang keluar melalui selang tadi,, bisa masih terdapat gelembung udara pada selang berarti masih ada angin palsu atau ngangin. Maka lakukanlah hingga minyak rem tersebut keluar tanpa gelembung jika sudah lanjutkan kencangkan nepelnya.

Trik Suntik Mengatasi Minyak Rem Tidak Turun

Trik yang kedua ini ditujukan untuk mekanik yang tidak mau menyedot minyak dari selang seperti trik yang sebelumnya. Pada kali ini memakai alat bantu suntikan yang harus disambungkan ke selang transparan tadi. Dan sebelumnya jangan lupa untuk mengisi suntikan tersebut dengan menggunakan minyak rem sampai penuh kemudian sambungkan selang tersebut dengan nepel di kaliper cakram. Siapkan juga kunci sesuai dengan ukuran nepel dan biarkanlah kunci pembuka nepel stand by terus di sana, karena akan susah dikeluarkan karena kunci tersebut dijepit selang,,caranya kendurkan nepel dan dengan tekan suntikan samapi minyak terdorong ke dalam.

Dan sembari diperhatikan di tabung minyak rem yang terdapat disetang jangan sampai kepenuhan dan minyak rem yang keluar tidak ada gelembung udara. Jika tabung minyak rem sudah terlalu penuh,,tutuplah terlebih dahulu nepel yang berada di bawah serta gunakan selang yang terhubung dengan suntikan tersebut untuk menyedot minyak rem. Kemudian kembali pasang serta suntik sampai udara palsu tersebut. Cara untuk mengeceknya dengan kencangkan nepel dan tekas tuas rem, bila ditekan keras berarti sudah terisi sempurna minyak remnya.

Cara Menekan Mengatasi Minyak Rem Tidak Turun

Cara ini berbeda dengan kedua cara yang sebelumnya,,trik yang terakhir ini sering dipakai pada saat membersihkan kaliper sampai melepas piston.

Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Dan untuk mempersingkat pengerjaan,, sebelum kalian memasang piston, isi terlebih dahulu kaliper dengan minyak rem sampai penuh kemudian tekan dengan memakai piston bersamaan dengan memasangnya dan selalu untuk tetap memperhatikan tabung master rem yang berada di setang janganlah sampai terlalu penuh minyak remnya dan tumpah dan setelah penuh kemudian pasang kembali kaliper.

Finishing Mengatasi Minyak Rem Yang Tidak Turun

Yang pada ketiga metode diatas tentu saja membutuhkan trik lagi untuk mengeceknya apakah benar-benar tidak angin atau udara palsu yakni dengan memakai selang transparan tadi sambungkanlah ke nepel dengan kunci yang sudah disiapkan untuk membuka nepel.

Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun
Tekanlah tuas rem antara 2 hingga 3 kali kemudian tahan tuas tem selagi tuas rem kalian tahan, bukalah nepel serta perhatikan minyak rem pada selang, bila masih ada gelembung udara maka kencangkan nepel lalu pompa lagi. Lakukan cara berulang-ulang hingga benar-benar minyak rem yang keluar di selang tanpa adanya gelembung udara. Bila sudah aman,, maka silahkan isi ulang tabung minyak rem pada master rem. Selalu perhatikan janganlah terlalu penuh, jika terlalu penuh malah membuat rem sedikit menekan dan seret. Dan yang terakhir selalu gunakan minyak rem sesuai dengan spek yang tertera di tutup atas master rem motor kesayangan kalian, untuk motor biasanya memakai DOT 3 atau 4.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Termudah Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun | Heri Marianto | 4.5
Shares