Cara Termudah Melepas Ban Belakang Honda Vario 125

Posted on

Cara Termudah Melepas Ban Belakang Honda Vario 125 “Wajib Baca”

Cara Termudah Melepas Ban Belakang Honda Vario 125 – Dalam hal ini melepas roda belakang Honda untuk hal ini terbilang lebih sulit dibandingkan dengan tipe matic lainnya dikarenakan pada motor ini terdapat swing arm yang dimana fungsinya untuk memperkuat dari ketahanan mesin motor tersebut.

Dengan bobot mesin yang terbilang cukup besar hal ini tentu harus ditopang dengan tambahan part contohnya seperti swing arm ini. Nah untuk dapat melepas roda belakang ini perlu sekali teknik khusus agar moment pada pengencangan yang besar di roda serta baut swing arm dan knalpot dapat dilepas tanpa ada masalah.

Permasalah yang sering dihadapi untuk melepas ban belakang vario 125 ialah pada baut yang momen pengencangannya besar baik pada baut knalpot serta swing armnya pula dengan mur roda belakang yang momennya sampai 100 Nm. Karena terkadang pula yang letaknya di bawah serta sangat mudah terkena air sering kali membuat baut berkarat sehingga akan semakin berat saat melepasnya.

Cara Melepas Ban Belakang Honda Vario 125

Untuk langkah yang pertama ialah dengan menyiapkan alat yang tepat, untuk dapat melepas ban belakang Honda vario 125 ini. Seperti menyediakan sejenis pipa atau tuas yang dapat digunakan untuk memperbesar tenaga saat pelepasan baut.

Untuk keadaan normal baut pada knalpot serta swing arm tidak akan rusak saat melakukan pelepasan. Jika terjadi slek di dratnya maka kalian perlu dihaluskan dengan cutter atau memakai gergaji besi untuk membersihkan pada kerusakan drat bautnya.

Yang selanjutnya pada saat melakukan pemasangan diberi oli atau paselin atau penetrant supaya baut dapat mengulir dengan halus dan tepat tidak seret. Pada hal ini langkah yang sangat perlu diperhatikan pada melepas ban belakang vario 125 ialah jangan kalian melepas semua baut pada knalpot, akan tetapi sisakan untuk memegang knalpot pada saat melepas mur leher knalpot.

Maka dengan demikian knalpot tidak akan jatuh serta pelepasan akan lebih mudah dikarenakan bobot knalpot motor ini cukup berat. Untuk permasalahan yang sering dihadapi ialah moment mur 24 yang terdapat pada roda belakang vario yang cukup kencang ini sulit saat dilepas dengan kondisi standar tengah.

Cara Termudah Melepas Ban Belakang Honda Vario 125

Maka dari itu pada saat pelepasan ban belakang vario 125 untuk mur ini perlu diturunkan motornya serta stel rem parkir sekeras mungkin agar rem tercengkeram dengan kuat. Karena dengan cara ini pasti mur 24 yang sudah berat akan lebih mudah untuk dilepas.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Termudah Melepas Ban Belakang Honda Vario 125 semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga