[100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor

[100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor “Wajib Untuk Diketahui”

[100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara sederhana merubah arus kelistrikan Ac ke Dc pada motor, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya di bawah ini.

Kelistrikan Ac pada motor merupakan kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin dimana bila mesin motor menyala barulah lampu motor dapat menyala. Sedangkan kelistrikan Dc pada motor ialah kelistrikan lampu sepeda motor tidak mengikuti putaran mesin sehingga lampu motor dapat dinyalakan pada saat mesin motor tidak dihidupkan sehingga menghasilkan cahaya yang lebih stabil karena tidak mengikuti putaran mesin.

Para Modiffer tujuan mengubah Arus kelistrikan Ac ke Dc pada motor mereka ialah untuk pemasangan Lampu HID, karena dengan kelistrikan Dc ini dapat mendapatkan daya listrik yang stabil dan langsung sepenuhnya mendapatkan listrik dari aki sepeda motor.

Nah bila kalian ingin juga merubah arus Ac ke Dc pada motor kesayangan kalian tetapi tidak mengetahui caranya, kalian tidak usah bingung karena disini kami disini akan memberikan ulasan lengkap mengenai cara merubah arus kelistrikan Ac ke Dc pada motor, tentunya kami rangkum secara sederhana agar mudah untuk dipahami, kalau begitu langsung saja simak ulasannya.

Cara Merubah Arus Kelistrikan Ac ke Dc Sederhana Pada Motor

Adapun cara merubah arus kelistrikan Ac ke Dc sederhana pada motor yang diantaranya yaitu:

Alat Dan Bahan

  • Test pen dc
  • Isolasi yang kuat
  • Pisau cutter
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan

Langkah-Langkahnya

Adapun untuk langkah-langkahnya yang perlu di perhatikan di antaranya yaitu:

[100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor

  • Tentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi jalur lampu depan, untuk mencari tahu kabel tersebut kalian dapat membuka switch yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil “low beam” dan lampu high beam “high beam”. Pada umumnya untuk sepeda motor Honda berwarna kuning, sepeda motor Yamaha berwarna kuning dan Suzuki biasanya berwarna kuning dan putih.
  • Selanjutnya kalain harus mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.
  • Kabel untuk lampu depan tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunya dengan di congkel dengan menggunakan obeng min, setelah sekun berhasil terlepas, segera sambungkan kabel yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga dijumper ke kunci kontak.
  • Lakukan dengan teliti dana jangan sampai salah dalam menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih yang biasanya berwarna hitam untuk sepeda motor Honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor Suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor Yamaha.
  • Setelah langkah-langkah di atas selesai dilakukan, kalian dapat mulai memasang kiprok “bila perlu” dan kabel yang sebelumnya disambungkan jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
  • Selanjutnya kalian harus memeriksa Voltase yang dihasilkan apabila ketika Hid motor dinyalakan apabila diatas 12.4 V maka dapat dipastikan aki sepeda motor kalian akan awet dan tidak akan tekor.

Demikianlah pembahasan mengenai [100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[100 Work] Cara Sederhana Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC Pada Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares