Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai

Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai “Wajib Baca”

Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai – Motor merupakan sebuah kendaraan yang dimana untuk saat ini sangat membantu sekali bagi pengguna atau pemilik dalam hal mengantar barang dan lainnya, motor ialah kendaraan yang terbilang sangat membantu karena dapat melewati jalan yang sempit dan mudah untuk merobos dari kemacetan.

Nah bagi pemilik motor terutama yang masih memakai atau menggunakan karburator, akan berhadapan dengan susahnya menghidupkan motor saat tidak dipakai untuk beberapa hari. Menyetarter pakai engkol pun terasa sia-sia. Motor tidak juga menyala sekalipun telah diengkol berkali-kali. Memakai starter elektrik tidak efektif pula untuk menghidupkannya.

Akibat Motor Mogok Lama Tidak Dipakai

Dalam hal ini pemicu mogoknya motor akibat lama tidak dipakai ialah karena faktor uap. Dalam tangki bahan bakar terjadi kondensasi atau penguapan dari bensin. Uap tadi mengembun dan menyatu dengan bahan bakar. Yang alhasil motorpun susah dihidupkan.

Cara Mengatasi Motor Mogok Lama Tidak Dipakai

Untuk mengatasi hal demikian, ada dua pilihan yang dapat diterapkan agar kerja motor normal kembali. Jika cara pertama gagal, kalian dapat pakai cara yang kedua, dalam hal ini intinya sama yakni mengeluarkan uap agar motor dapat dinyalakan.

Cara Yang Pertama

  • Sebelum kalian menyalakan motor yang tidak dipakai beberapa hari, buka terlebih dahulu tutup tangki bensinnya. Biarkan terbuka tanpa tutup selama kurang lebih tiga menit. Hal ini tujuannya supaya uap bensin keluar.
  • Jika sudah, tutup kembali tangki bensin dan coba nyalakan motor secara manual memakai engkol.

Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai

Cara Yang Kedua

  • Lakukan seperti pada cara pertama yakni buka tutup tangki bensin dan biarkan sekitar 3 menit sebelum ditutup kembali.
  • Setelah uap keluar, pastikan posisi kontak OFF, lakukan starter manual 3-5 kali supaya terjadi pelumasan di bagian area silinder dan memposisikan kembali lengan ayun sampai silinder. Selama dalam posisi ini jangan ubah posisi choke, jangan memutar gas karena bensin bisa membanjiri busi dan jangan pakai starter elektrik.
  • Lanjutkan dengan memutar kontak di posisi ON dan engkol starter. Mesin dengan mudah menyala tanpa perlu membuka gas terlalu lebar.

Bagaimana cukup mudah bukan….???? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai | Heri Marianto | 4.5
Shares