Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas

Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas “Untuk Diketahui”

Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai mesin Scorpio berisik saat panas, nah agar lebih dapat mengetahui bagaimana untuk mengatasinya, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Yamaha Scorpio  merupakan varian Yamaha dengan memiliki kapasitas mesin terbesar dijajaran line up Yamaha. Dengan memiliki tenaga yang dimuntahkan juga terbilang cukup besar yakni [email protected], tentu ini jadi modal yang cukup terbilang sangat menggiurkan bagi para speedlover meskipun desainnya model sport turing.

Kelebihan & Kekurangan Scorpio

Adapun kelebihan dan kekurangan yang ada pada Scorpio yaitu:

Kelebihan

  • Memiliki kapasitas mesin “225cc” terbesar di kelasnya “kecuali kalian masih mempertimbangkan Thunder 250, tapi kan sudah lama tidak diproduksi”.
  • Memiliki tenaga terbesar dikelasnya “19 dk”.
  • Model Touring, namun tetap bergaya.
  • Biarpun paling besar kapasitasnya tapi harga tidak semahal produk2 kompetitor.
  • Konsumsi BBM per km pas, maksudnya dibandingkan dengan sekelasnya dia tidak boros dan tidak terlalu irit.
  • Harga Spare Part Genuine lebih murah dari pada produk kompetitor.
  • Desain mengakomodir segala kalangan, baik remaha, ekskutif muda, hingga yang sudah masuk usia matang pun masih cocok untuk naik motor ini.

Kekurangan

  • Keluaran produk di 2009 lalu ialah keluaran terakhir motor ini secara resmi oleh YMKI telah dihentikan produksinya “jadi kalau stock udah abis, ya sudah tidak keluar lagi”. Yang ditakutkan Sparepartnya bisa jadi langka, tapi ini kalau jangka panjang, semisal kalian bakal memakai motor ini sampe 10-15 tahun lagi.
  • Kapasitas oli yang harus diisikan 1,25 liter “jadi kalau beli kalian harus 1 botol penuh ukuran 1 liter dan 1 botol lagi ukuran terserah asal salam merk dan spesifikasinya untuk ditambahkan hingga pas 1,25 liter. Bagi beberapa orang ini cukup merepotkan dan memakan biaya lebih dari pada motor sport lain yang rata2 cuma butuh oli 1 liter saja”.
  • Mono Shock belakang terlalu empuk dibuat goncengan tapi kalau sendiri serasa sangat nyaman.
  • Harga jual kembali tidak sebaik produk-produk kompetitor.
  • Ketersediaan part substitusi tidak sebaik produk kompetitor.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan dari motor Scorpio, namun kali ini kami tidak membahas secara detail, namun kali kami akan mengulas mengenai mesin scorpio berisik saat panas yang mungkin pernah dialami oleh pengguna motor Scorpio, nah untuk lebih jelasnya simak pemaparannya berikut:

Cara Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas

Dalam hal ini pengguna sering mengeluhkan dengan mesin berisik pada Yamaha Scorpio. Suara mesin berisik Yamaha Scorpio muncuk dari bagian head silinder. Yang uniknya suara berisik yang mucuk sedikit bias dan sulit untuk dideteksi.

Yang dimana mirip suara rantai keteng yang mulai haus. Tapi kalau didengar lebih teliti bukan dari rantai keteng. Untuk ngilangin penasaran ganti rantai keteng. Tapi suaranya masih ada, bukan di keteng ternyata sumber bunyinya.

Untuk hal demikian yang dimana kasus mesin berisik pada Yamaha Scorpio, umumnya mesin berisik Yamaha Scorpio di umur pemakaiannya sudah di atas 5 tahun. Buat ngilangin penasaran, pada head silinder dibongkar untuk diperiksa partnya satu persatu. Setelah teliti, akhirnya ketemu akar permasalahannya.

Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas

Dan ternyata sumber masalah ada di Klep, yang dimana batang klep yang biasa ditonjok pelatuk aus seperti membuat lubang. Karena muncul jarak, jadi muncul suara berisik itu. Aneh juga biasanya kalau di motor lain klep yang tipis bukan batangnya.

Untuk mengatasi masalah, sudah pasti klep harus diganti, kalian bisa beli klep di toko penjual spare part, klep Scorpio dijual sepasang in dan ex. Untuk masalah harga, satu set klep umumnya kisaran harga Rp 185 ribu.

Dan selain payung klep, kalian juga hrus mengecek kondisi baut setelan klep yang menempel di pelatuk klep. Sebab bagian ini juga kerap aus, kalau sudah aus bisa diganti sekalian, untuk harganya juga beragam, tergantung merek yang digunakan. Kalau di area payung klep memang jarang rusak atau bocor, kalau skir saja tidak pernah terlalu lama. Cuma sebentar sudah klop dan tidak bocor, itu karena per klep Scorpio yang keras.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Mudah Mengatasi Mesin Scorpio Berisik Saat Panas | Heri Marianto | 4.5
Shares