Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi “Untuk Perlu Di Ketahui”

Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi “Untuk Perlu Di Ketahui”

Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara kerja dan kegunaan sistem suspensi, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

Suspensi merupakan kumpulan komponen tertentu yang dimana memiliki fungsi untuk meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang bisa meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi “kerangka” dengan roda.

Ada dua jenis utama suspensi yaitu:

  • Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku “rigid”.
  • Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas.

Dengan sifat pegas yang elastis pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan roda akibat dari kondisi jalan yang dilalui dengan tujuan agar getaran atau goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan.

Adapun beberapa tipe pegas yang digunakan pada sistem suspensi diantaranya yaitu:

  • Pegas ulir “coil spring” dikenal juga dengan nama “per keong” jenis yang digunakan ialah pegas ulir tekan atau pegas ulir untuk menerima beban tekan.
  • Pegas daun “leaf spring”, umumnya digunakan pada kendaraan berat atau niaga dengan sistem suspensi dependen.
  • Pegas puntir atau dikenal dengan nama pegas batang torsi “torsion bar spring”, umumnya digunakan pada kendaraan dengan beban tidak teralalu berat.

Benturan atau hentakan yang timbul akibat kondisi permukaan jalan sebagai diatas oleh ban, tempat duduk, rangka dan roda-roda. Tetapi kebanyakan hentakan tersebut diatasi oleh adanya suspensi. Bila pada sepeda motor tidak terdapat komponen yang dapat menyerap hentakan maka pengemudi akan merasakan benturan-benturan/hentakan-hentakan bahkan yang sekecil apapun sehingga membuat pengendaraan menjadi tidak nyaman.

Hal ini bukan hanya berpengaruh pada kenyamanan saja, tetapi juga akan sangat berpengaruh pada pengoperasian dan kestabilan. Alat anti hentakan yang biasa digunakan untuk menyerap getaran dan memperbaiki tingkat kenyamanan biasanya terdiri dari kumparan pegas ( coil spring ) dan peredam / bantalan oli.

Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi "Untuk Perlu Di Ketahui"

Cara Kerja Pegas

Pegas akan membuat getaran yang tinggi menjadi lebih kecil beberapa kendaraan menggunakkan pegas dan celah / pitch yang berbeda untuk mendapatkan konstanta pegas yang berbeda ( perbandingan antara beban tambahan dengan jumlah perubahan / deformasi ).

Cara Kerja Peredam

Peredam adalah suatu konverter tenaga ( energy converter ) yang biasanya menggunakan tahanan aliran oli untuk merubah energi konetic menjadi energi panas untuk keperluan sendiri getaran vertical pada pegas ditekan oleh tekanan aliran oli sehingga getaran berkurang.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi “Untuk Perlu Di Ketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Kerja Dan Kegunaan Sistem Suspensi “Untuk Perlu Di Ketahui” | Heri Marianto | 4.5
Shares