Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor

Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor “Wajib Diketahui”

Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor – Dalam sistem elektrik starter pada sepeda motor dijalankan oleh banyak bagian, yang di mulai dari aki, bendik atau relay starter dan dinamo starter. Bila salah satu bagian tersebut mengalami masalah, maka sistem elektrik starter juga tidak akan dapat berfungsi. Yang dimana salah satu masalah yang sering muncul di sistem elektrik starter ialah rusaknya bendik atau relay starter. Namun kalian tidak perlu khawatir karena pada kesempatan yang kali ini kami akan mencoba untuk membagikan mengenai bagaimana cara memperbaiki bendik pada sepeda motor.

Kenali Problem Bendik Sepeda Motor

Untuk fungsi elektrik starter yang dimana untuk memudahkan pengendara saat akan menyelakan mesin. Tinggal tekan tombol di setang, lewat bantuan strum aki maka elektrik starter dengan mudah memutar mesin. Namun kalau lagi ngadat, maka terpaksa kick starter yang digunakan, buat motor bebek sih biasa, tapi skubek mesti pakai standar biar tidak loncat.

Makanya problem starter elektrik starter ngadat masalah gede, sebab tidak mudah dilacak lantaran faktor penyebabnya banyak, dimulai dari aki, dinamo starter dan bendik starter. Belum lagi material terminal kabel di bendik dari bahan kuningan, membuat komponen ini mudah berjamur, dan kalau sudah seperti itu maka dipastikan bendik starter tidak dapat lagi bekerja normal.

Cara Memperbaiki Bendik Sepeda Motor

Memang dalam mendiagnosa kerusakan bendik di sepeda motor terbilang cukup sulit, hal tersebut dikarenakan sebelum kita memvonis bendik sepeda motpr rusak, maka kita juga harus mengecek terlebih dahulu bagian sistem elektrik starter yan lain.

Untuk bagian yang pertama yang harus dicek ialah aki, pastikan aki dalam kondisi yang bagus, untuk cara mengeceknya yakni dengan menggunakan alat yang namanya ampere meter, bila kuat arus atau besarnya ampere meter pada aki tersebut masih sesuai dengan yang tertulis di badanya maka bisa dikatakan aki tersebut dalam kondisi yang baik.

Dan untuk dinamo starter memang jarang sekali mengalami kerusakan, rusaknya dinamo starter biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat sepeda motor distarter dengan menggunakan elektrik starter. Apabila bagian aki dan bagian dinamo starter tidak mengalami masalah maka sudah dapat dipastikan bahwa yang mengalami masalah ialah bendik sepeda motor. Untuk ciri dari bendik sepeda motor mengalami kerusakan ialah pada saat di tekan tombol elektrik starter biasanya tidak akan ada respon sedikitpun.

Pada saat tombol elektrik starter ditekan, pada kondisi yang normal biasanya beberapa lampu indikator yang ada di speedometer akan mengdip yang menandakan bahwa banyak sekali arus listrik yang ada di aki yang digunakan untuk menghidupkan sistem menggunakan elektrik starter.

Nah cara memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak kita dapat mencoba beberapa langkah-langkah dibawah ini.

Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor

  • Untuk langkah yang pertama yakni mur-mur yang ada di kedua bagian terminal bendik kita lepaskan.
  • Lalu kita lepas soket yang menghubungkan kabel yang terpasang di sekitar bagian tersebut.
  • Kemudian kita membuka bagian bodi dari bendik lalu lepaskan.
  • Untuk langkah selanjutnya ialah kita melakukan pengamplasan pada bagian kutub-kutub pertemuan yang ada di dalam bendik tersebut.
  • Dan untuk selanjutnya ialah pegas yang ada di dalam bendik tersebut kita renggangkan.
  • Lalu langkah terakhir pasang kembali seluruh komponen yang ada di dalam bendik ke posisi semula.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas berdasarkan pengalaman sudah dapat memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak, namun tentunya keberhasilan dalam memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak tersebut tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh bendik tersebut. Bila memang kerusakan sudah parah maka proses memperbaiki dengan langkah diatas kemungkinan besar tidak akan berhasil, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalia semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Kenali Problem & Memperbaiki Bendik Sepeda Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares