Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya “Wajib Baca”

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya – Dalam hal ini busi merupakan suku cadang motor yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompresikan oleh sehar atau piston. Untuk hal ini busi sendiri memang memiliki bentuk yang kecil yang sehingga terkadang sering dilupakan dari perhatian pemilik sepeda motor. Cara kerja busi yakni busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan vplt yang dihasilkan oleh coil pengapian “ignition coil”, tegangan listrik dari coil pengapian menghasilkan beda tegangan antara elektroda di bagian tengah busi dengan yang dibagian samping.

Arus tidak bisa mengalir karena bensin dan udara yang ada di celah merupakan isolator, namun semakin besar beda tegangan, struktur gas di antara kedua elektroda tersebut berubah. Pada saat tegangan melibihi kekuatan dielektrik dari pada gas yang ada, gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersifat insulator, berubah menjadi konduktor.

Setelah ini terjadi, arus elektron dapat mengalir dan dengan mengalirnya elektron, suhu di celah percikan busi naik drastis, hingga 60.000 k. Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi untuk memuai dengan cepat seperti ledakan kecil, inilah percikan busi yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini.

Busi yang berasal dari bahasa Belanda bougie yang merupakan alat yang dipasang pada mesin yang ujung elektrode berada di dalam ruang bakar. Yang dimana busi sendiri memiliki fungsi yakni untuk membakar bahan bakar yang telah di kompres atau telah di tekan oli piston. Busi akan memercikan listrik yang akan membakar bahan bakar. Busi dihubungkan oleh kabel ke coil pengapian oleh kabel busi. Untuk komponen ini sangat membutuhkan perhatian & perawatan yang rutin karena jika busi motor rusak maka sepeda motor kalian akan menjadi mogok atau tidak dapat hidup secara normal.

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Adapun busi motor menjadi cepat rusak ada beberapa penyebab dan cara untuk mengatasinya untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Kebocoran Kompresi Mesin

Kebocoran kompresi bisa diartikan sebagai hilangnya tekanan di ruang silinder ruang pembakaran “combustion chamber”, hal ini membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin akan ngempos. Motor yang kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh. Bahkan putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi puin terkadang hilang, akibat dari kebocoran ini mengakibatkan busi cepat mati dan berwarna hitam pekat.

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Solusi Kebocoran Kompresi Mesin

Gunakan compression tester untuk ditancapkan ke lubang busi dan kemudian mesin dislah untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi. Dengan metode ini kalian dapat mengecek apakah ada kebocoran pada kompresi mesin. Bila hal ini terjadi maka yang perlu dilakukan ialah dengan servis besar pada kerusakan motor kalian tersebut.

Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Salah setting bahan bakar dapat berakibat hisapan bensin terlalu banyak. Hal ini biasanya terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator. Dalam kondisi ini karburator menjadi banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor, busi yang kotor dapat mengakibatkan korsleting dan membuatnya cepat mati.

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Solusi Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Segera setting ulang dan perbaiki atau pada saat melakukan servis karburator cek apakah jarum pengapung masih bagus.

Korsleting Pada Jalur Pengapian

Korsleting ini membuat motor menjadi ngadat “brebet”, korsleting ini juga menjadi alat pengapian seperti koil, cdi spul cepat mati.

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Solusi Korsleting Pada Jalur Pengapian

Dalam hal ini solusinya yakni cek jalur pengapian, apabila ada kabel terbakar atau terlihat korsleting maka segera dengan memperbaikinya.

Pemasangan Busi Kurang Tepat

Hal ini yang paling mudah menjadi penyebab busi rusak ini ialah pemasangan busi yang kurang tepat ataupun longgar, kejadian ini sering dialami bagi pemilik motor yang baru mengganti busi lama dengan busi yang baru.

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya

Solusi Pemasangan Busi Kurang Tepat

Harap teliti dan cek terlebih dahulu apakah cara pasang busi sudah benar atau tidak, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada mekanik atau yang ahli terkait bagaimana cara pasang busi yang baik dan benar.

Demikianlah pembahasan mengenai Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Busi Motor Anda Cepat Rusak ??? Inilah Penyebab & Solusinya | Heri Marianto | 4.5
Shares