Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor “Inilah Penyebab & Mengatasinya”

[Tips Ampuh] Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor “Inilah Penyebab & Mengatasinya”

Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor “Inilah Penyebab & Mengatasinya” – Untuk kali ini kami akan membahas sedikit mengenai bagaimana cara dalam mengatasi suara yang berisik dari mesin sebelah kanan yang dalam ketika kopling atau handle ditekan.

Nah sebelum ke topik utama apa salahnya apabila kita mengetahui terlebih dahulu apa sih kopling dan fungsinya…??

Pengertian Kopling

Untuk hal ini kopling merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi yang sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.

Tujuan Kopling

Tujuan utama dari kopling ialah menyatukan dua bagian yang dapat berputar, dengan pemilihan, pemasangan dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum dan biaya perawatan bisa diperkecil.

Kopling yang digunakan dalam permesinan untuk berbagai tujuan yaitu:

  • Untuk menghubungkan dua unit poros yang dibuat secara terpisah, seperti poros motor dengan roda atau poros generator dengan mesin. Kopling mampu memisahkan dan menyambung dua poros untuk kebutuhan perbaikan dan penggantian komponen.
  • Untuk mendapatkan fleksibilitas mekanis, terutama pada dua poros yang tidak berada pada satu aksis.
  • Untuk mengurangi beban kejut (shock load) dari satu poros ke poros yang lain.
  • Untuk menghindari beban kerja berlebih.
  • Untuk mengurangi karakteristik getaran dari dua poros yang berputar.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor

Nah adapun Suara berisik yang terdengar suara berisik yang terdengar seperti bunyi ngelitik ketika kopling ketika kopling ditekan. Dalam hal ini apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, simak uraian dibawah ini.

Penyebab

Untuk hal ini penyebab yang paling sering terjadi yakni bearing atau laher kopling atau nama karennya Clutch Release Bearing sudah aus, pecah atau rusak. Hal ini disebabkan karena pemakian sehari-hari.

Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor "Inilah Penyebab & Mengatasinya"

Ciri-ciri yang paling umum yang terjadi apabila Clutch Release Bearing rusak ialah suara berisik ketika kopling ditekan, mesin seperti nyendat-nyendat atau ogah-ogahan ketika gas dibuka dan kopling yang molor.

Mengatasi

Untuk mengatasi hal demikian ini ganti Clutch Release Bearing yang rusak dengan yang baru, untuk harga clutch release bearing yang berkualitas berkisar antara 20 ribu hingga 23 ribu rupiah saja.

Kadang apabila gejala rusak diikuti kopling yang molor, maka harus segera mengganti seal kopling juga, untuk harga seal kopling yang orginal berkisar 20 ribua rupiah. Untuk tarif dalam pemasangan seal kopling dan clutch release bearing di bengkel berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribuan, untuk harga dalam hal ini bisa berlainan.

Demikianlah pembahasan mengenai Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor “Inilah Penyebab & Mengatasinya” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor “Inilah Penyebab & Mengatasinya” | Heri Marianto | 4.5
Shares