Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,???

Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,??? Wajib Untuk Diketahui

Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,??? – Akumulator “accu, aki” merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan sebuah energi “umumnya energi listrik” dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator ialah baterai dan kapasitor.

Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator sebagai aki atau accu hanya dimengerti sebagai “baterai”. Sedangkan di bahasa Inggris kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll. Di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt, yang sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.

Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki termasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali, secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4.

Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,???

Dalam hal ini pasang kabel di terminal aki, bisa saja terbalik. Misalkan kabel plus yang merah disambung ke terminal aki min. Begitupun kabel hitam dipasang di terminal plus atau positif. Apa yang terjadi? Apakah motor terbakar atau akan korslet dan komponen kelistrikan semuanya akan menjadi mati,, maka hal ini sangat bahaya bukan.

Yang dimana dalam hal ini seorang yang bernama Yanto yang merupakan pemilik Yamaha New Mio, pernah mengalami salah pasang kabel plus dan minus. Awalnya dikira akan bahaya,,, di motor Yamaha New Mio-nya tersebut.

Namun begitu kontak motor tersebut di On kan, hal ini tidak terjadi apa-apa, namun tidak ada sapa atau tanpa terjadi kebakaran pada kabel. Tapi begitu di starter elektrik dihidupkan yang terdengar suara seperti ker,,,,ker,,,,ker,,,.

Setelah ditelusuri ternyata itu bukan suara apa-apa,,, hal ini ternyata putaran dinamao starter yang terbalik. Maka jadinya timbul suara seperti itu. Otomatis motor juga tidak mau hidup karena arah putaran mesin menjadi terbalik. Bukannya ke depan hal tersebut tapi maka ke belakang.

Dalam hal ini di motor lain juga kudu waspada. Seperti di lain cerita pengalaman Parjo yang dimana dia merupakan pemilik Suzuki Shogun, CDI bisa terbakar. Yang kadang kalau terbalik pasang kabel aki, biasanya timbul percikan ketika kabel dihubungkan ke terminal accu alias aki.

Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,???

Hal demikian itu tanda paling mudah sekali untuk dikenali. Tapi biasanya posisi aki sudah dibikin sesuai dengan posisi kabel aki. Jadi memang tidak mudah terbalik. Kasus terbalik biasanya karena ganti jenis aki. Misalnya aki bebek pake Tiger. Yang posisi terminal memang bisa jadi berbeda.

Demikianlah pembahasan mengenai Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,??? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Akibat Salah Pasang Kabel Terminal Aki,,Apa Yang Terjadi,,,??? | Heri Marianto | 4.5
Shares