“5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan” Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor

“5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan” Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor – Wajib Baca

“5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan” Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor – Untuk hal ini aki merupakan sumber kelistrikan yang sudah pasti ada pada kendaraan roda dua maupun roda empat, untuk aki sendiri “pada motor” terdapat dua jenis yakni akir kering dan aki basah. Bila kalian menggunakan aki kering maka kalian tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan karena aki kering ini tidak menggunakan air aki.

Akan tetapi bila setrum aki kering sudah dalam keadaan ngedrop maka kalian tidak bisa berbuat apa-apa selian mengganti dengan aki kering yang baru. Berbeda halnya dengan aki basah, aki basah sendiri menggunakan cairan accu atau sering kita kenal dengan sebutan Accu Zuur, kai jenis ini sangat membutuhkan perawatan yakni dengan cara selalu mengecek dan menambahkan air ketika sudah berkurang dan penggantian cairan aki ketika sudah tawar. Pada beberapa jenis aki basah ada yang terdapat kontrol untuk kondisi cairan aki dan tegangan yang umumnya di tandai dengan warna.

Dalam hal ini pada aki jenis basah ini ketika cairan aki sudah tawar maka hal ini tentu strum biasanya akan mengalami drop atau strum aki habis ketika di waktu pagi hari “semalam”, kondisi seperti ini sebenarnya bisa kita perbaiki dengan cara menguras aki..!! Untuk cara menguras aki sendiri tidaklah terlalu sulit.

Dalam hal ini sebelum melangkah mengenai bagaimana cara pengurasan aki ada beberapa hal yang sangat diperhatikan bagi kalian terlebih dahulu, karena cairan aki sangatlah berbahaya maka dari itu sangat di sarankan kalian menggunakan sarung tangan dan juga kaca mata, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan saat ketika eksperimen sedang berlangsung.

Diantara peralatan yang dibutuhkan dalam eksprimen pengurasan aki basa ialah obeng (+), obeng (-) dan juga air aki yang bisa kalian beli di bengkel motor terdekat di tempat kalian, agar aki basa yang terdapat pada motor kalian lebih awet maka kita harus sering mungkin untuk mengecek kondisi airnya jangan sampai kehabisan.

Cara Mengisi Air Aki Pada Motor

Nah berikut ini ialah cara mengisi air aki motor yang benar, kalau begitu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Langkah Yang Pertama

Untuk langkah yang pertama yang harus kalian lakukan ialah dengan melihat terlebih dahulu aki motor kalian apakah masih atau kah sudah habis, caranya dengan kalian menggunakan obeng (+) atau obeng (-) untuk membuka aki motor. Pada umumnya untuk motor moper, sport dan sebagian motor matic yang perlu dibuka terlebih dahulu bagian cover body, pada contoh kali ini menggunakan motor matic.

Pada motor matic untuk caranya sendiri ialah sangatlag mudah yakni kalian tinggal buka jok saja dan aki motor sudah langsung kelihatan. Kalian bisa melihat dan cek langsung kondisi air akinya jika ketinggian air aki bawah atau sudah di atas garis lower maka kalian harus menambahkan airnya. Jika perlu kalian bisa lepas kedua terminal akinya menggunakan obeng (+).

Langkah Yang Kedua

"5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan" Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor

Setelah aki terlepas dari motor kalian bisa membuka penutup cairan aki yang terdapat pada atap atas aki dengan menggunakan obeng (-), jika sudah terbuka kalian bisa membuang cairan aki yang lama dengan cara membelikkan aki. Atau kalian menambahkan langsung tanpa membuang air yang lama, ingat jangan membuang cairan aki di sembarang tempat, buanglah pada tempat yang aman karena cairan aki sangatlah berbahaya.

Langkah Yang Ketiga

"5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan" Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor

Setelah kalian bisa mengisi aki dengan cairan aki “accu zuur yang bisa kalian beli di bengkel motor terdekat” kalian bisa tuangkan aki sampai batas garis upper, jangan melebihi. Jika melebihi maka akan dapat menyebabkan air aki menguap dan umumnya jika hal ini terjadi akan tumpah dan tumpahan tersebut akan keluar melalui lubang hawa di aki dan yang perlu kalian ketahui bahwa air aki bisa merusak cat dan bisa membuat karat pada rangka motor kalian, sangat di sayangkan bukan..???

Langkah Yang Keempat

Akan tetapi, bila keadaan aki masih dalam kondisi bagus, maka kalian cukup dengan cara mengisi air aki saja, tidak perlu repot-repot untuk menambahkan strum, karena nanti akan terisi kembali setrumnya saat aki motor di gunakan.

Langkah Yang Kelima

Untuk langkah yang terakhir kalian bisa memasang aki kembali ke tempat semula yang kalian melepas dari aki motor tersebut. Dan jangan lupa untuk memasang kabel positif serta negatif agar dapat digunakan lagi, bagaimana cukup mudah bukan..???.

Demikianlah pembahasan mengenai “5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan” Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

“5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan” Dalam Mengisi Air Aki Pada Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares