11 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Dan Cara Cepat Mengatasinya

Posted on

11 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Dan Cara Cepat Mengatasinya

11 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Dan Cara Cepat Mengatasinya – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan yang dimana tidak kalah penting untuk kalian semua, yakni mengenai penyebab lampu motor mati semua atau tidak bisa berfungsi. Bagian aki motor drop bisa mengakibatkan lampu menjadi lemah.

Lampu sendiri merupakan bagian terpenting dari sebuah kendaraan, hal ini karena jika kendaraan sepeda motor kalian tidak memiliki lampu untuk penerangan tentunya tidak bisa bekendara pada malam hari. Selain itu, untuk kondisi sekarang baik pagi, siang, sore ataupun malam ketika kalian mengendarai sepeda motor kondisi lampu kalian harusnya tetap dalam keadaan menyela, bila tidak kalian sudah dapat membayangkan bukan apa yang akan terjadi?? iya,, hal ini tentunya kan ditilang oleh bapak-bapak polisi.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Motor Mati Semua

Gejala mati lampu pada sebuah kendaaran seperti motor biasanya terjadi saat rpm diputaran ketika motor digeber. Untuk itu kali ini kami akan memberikan mengenai penyebab dan cara cepat mengatasi lampu motor mati. Gejala yang terjadi biasanya banyak komponen motor yang sudah lemah sehingga strum yang masuk ke lampu tidak lagi stabil layaknya strum pada kondisi yang normal. Langsung simak pemaparannya berikut ini:

Kiprok Yang Rusak

Saat kiprok rusak, maka hal ini menyebabkan arus listrik yang menuju ke lampu berlebihan, hal ini menyebabkan lampu menjadi cepat panas dan putus. Dan untuk cara mengatasinya ialah segera mengganti dengan kiprok yang baru. Karena kiprok ini berfungsi sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor.

Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini diakibatkan oleh besarnya tegangan yang masuk kedalam lampu tersebut yang disebabkan oleh kiprok sudah tidak berfungsi lagi untuk membatasi tegangan listrik yang keluar ke kiprok. Yang sehingga akan secara otomatis berpengaruh terhadap bohlam yang dipasang dikiprok tersebut akan cepat rusak. Selain itu kirpok yang rusak juga kan mengakibatkan bohlam sering mati apabila dalam kondisi pengendara gas full.

Spull Penerangan Sudah Error

Penyebab lampu motor mati semua selanjutnya ialah bagian spul error, Spull penerangan dalam hal ini sudah tidak berjalan normal seperti spul yang normal pada umumnya. Sehingga hal ini mengakibatkan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar. Dan untuk cara mengatasinya ialah silahkan gulung ulang spull, atau lebih praktisnya ganti saja dengan yang baru.

Rumah Lampu Atau Dudukan Lampu Sudah Jelek Dan Sudah Goyang

Hal ini juga sangat mempengaruhi kesehatan lampu motor. Untuk itu jika mengalami hal tersebut sebaiknya kalian wajib mengganti dudukan lampu tersebut dengan dudukan yang baru agar lampu motor kalian tidak sering mati.

Kurangnya Massa Pada Lampu Atau Kiprok

Cara mengatasinya ialah cek kabel warna hitam yang menuju ke lampu “cek rangkaian lampu” atau cek massa dari kiprok “cek baut pengikat kiprok, periksa dari korosi dan yang lainnya”. Selain bisa menyebabkan lampu sering putus, aktual dilapangan juga menunjukkan nyala lampu yang kurang terang “redup” karena kurangnya massa dari kiprok tersebut.

Pada sistem penerangan khususnya lampu kepala, kiprok “regtifier, regulator” selain berfungsi sebagai pengubah arus AC dari spoel menjadi arus DC untuk pengisian battery, kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang dikeluarkan oleh coil “spoel” terlalu besar. Maka tugas kiprok ialah mereduksi atau membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu supaya tegangan tidak melebihi kapasitas dari lampu itu sendiri “tegangan yang melebihi kapasitas lampu akan membuat filament dari lampu akan putus”.

Bohlam Lampu Putus

Putusnya bohlam lampu tentu berakibat pada tidak menyalanya bohlam motor tersebut, satu-satunya cara ialah dengan mengganti bohlam lampu yang baru. Untuk penggantian bohlam lampu tidak membutuhkan biaya banyak koq.

11 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Dan Cara Cepat Mengatasinya

Saklar Yang Kotor

Saklar merupakan komponen lampu yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan lampu. Gangguan yang paling sering terjadi pada komponen ini yaitu banyaknya kotoran atau karatan yang dapat mengganggu dan menghambat arus listrik yang masuk kedalam lampu. Cara mengatasinya ialah lepas saklar dan bersihkan karatan atau kotoran menggunakan amplas halus atau bisa juga dengan cairan anti karat.

Gangguan Pada Socket

Gangguan yang sering terjadi pada socket yaitu banyaknya kotoran yang menempel pada ujung socket, pemasangan yang tidak sempurna pada socket juga membuat lampu motor tidak dapat menyala. Jadi dalam proses pemasangan harus diperhatikan.

Kualitas Bohlam

Untuk yang asli atau original bawaan pabrikan “motor baru” biasanya akan lebih tahan lama dan kualitas cahayanya yang lebih terang. Namun jika sudah pernah diganti, walaupun suku cadang yang asli tampaknya tidaklah sebaik yang pertama, tetapi walaupun begitu tetaplah pilih kualitas yang hampir sama dengan kualitas pabrikannya.

Modifikasi Dan Penambahan Aksesoris

Walaupun terlihat keren dan gaul ketika kalian memasang aksesoris pada kendaraan kalian tersebut, tetapi jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini dapat merusak sistem kelistrikan kendaraan kalian dan tentunya berbahaya untuk bagian lampu depan kalian.

Gunakan Lampu Sesuai Dengan Tegangan

Agar lampu bertahan lebih lama anda sebaiknya menggunakan lampu sesuai dengan tegangan dan arus yang tertera pada lampu itu. Jika kalian menggunakan lampu yang tegangannya lebih tinggi dari yang seharusnya maka bisa dipastikan bohlam motor kalian akan lebih cepat padam dari waktu normalnya.

Plastik Konektor

Sebab lainya, plastik konektor disaklar lampu jauh dekat meleleh karena kepanasan “Akan memicu korslet dan sekring lampu utama putus, makanya lampu tidak hidup sama sekali”.

Tetapi hal yang paling utama menjadi perhatian dari semua point diatas yang telah dijelaskan diatas ialah mengenai regulator rectifier “kiprok”, karena komponen yang satu ini sangatlah berpengaruh besar terhadap keawetan bohlam motor kalian.

Karena komponen yang satu ini bertugas untuk menyuplay pengisian ke aki, selain itu regulator rectifier “kiprok” juga berfungsi sebagai alat untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang diterima oleh bohlam lampu kendaraan kalian. Bayangkan jika komponen yang satu ini rusak dan tidak berfungsi?? Untuk selalu dirawat dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah pembahasan mengenai 11 Penyebab Lampu Motor Mati Semua Dan Cara Cepat Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: