[100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti

[100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti “Wajib Diketahui”

[100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti – Untuk kesempatan kali kami akan mengulas mengenai bagaimana cara mengetahui ciri ciri busi minta ganti, dan yang seperti kita ketahui bahwa busi merupakan komponen yang sangat penting sekali bagi sebuah kendaraan khususnya pada roda dua “sepeda motor”.

Untuk langkah awal saat menyalakan motor, karena komponen tersebut yang bertugas untuk menghasilkan atau bisa mengeluarkan percikan bunga api listrik yang nanti berguna untuk membakar campuran bahan bakar atau bensin yang telah tercampur dengan udara pada ruang silinder kendaraan bermotor. Busi dapat bekerja dalam suhu dan juga pada tekanan yang tinggi.

Karena busi tersebut yang berkaitan langsung dengan mesin motor, maka busi dapat dipakai untuk mengetahui serta mencari tahu penyebab kendala pada mesin kendaraan. Maka ketika atau pada saat kalian sedang membersihkan busi, adapun dapa sekligus memeriksa atau dengan mengecek, apakah kondisi mesin motor masih dalam keadaan yang cukup baik ataupun tidak cukup dengan mengamati busi atau melihat pada bagian dari kepala businya.

Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti

Bila kendaraan masih dapat dikatakan normal yakni pada ujunga insulator dan juga elektroda busi yaitu berwarna abu-abu terang atau dapat juga berwarna coklat dan kemerah-merahan. Hal tersebut menunjukan bahwa kondisi dan penyetelan mesin dan waktu terjadinya pengapian dalam kondisi baik dan juga masih sesuai dengan keadaan standar atau setelan pabrikan.

Bila kalian melihat di ujung insulator, elektroda dan juga busi yang tertutup dengan menggunakan jelaga hitam, maka sisa pembakaran yang kering dapat tetap lembut, solusi yang bisa kalian lakukan yakni sebaiknya kalian mengecek atau lakukan pemeriksaan setelan atau pada injeksi, mekanisme cook, filter udara serta kalau bisa kalian menggantinya dengan busi yang sesuai.

Karena kemungkinan besar ada setelan yang kurang pas pada bagian-bagian tersebut, karena jika komponen tersebut mengalami masalah maka akan dapat menyebabkan asap pada kendaraan seperti motor akan berwarna hitam, bahan bakar menjadi boros dan terkadang susah saat di starter kondisi mesin dalam keadaan dingin.

Selain itu pernahkan kalian mengalami mesin motor yang tersendar atau lambat dalam berakselerasi saat kendaraan saat membawa muatan penuh atau pada knalpot mengeluarkan suara yang menembak karena bahan bakar yang tidak terbakar secara sempurna jika hal tersebut terjadi maka kalian harus mengecek kondisi busi pada kendaraan kalian.

[100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti
Pasti pada ujung insulatornya terlihat warna kuning dan sedikit coklat muda dan terkadang juga dapat terlihat warna hijau yang sedikit basah, karena hal ini telah menunjukan bahwa bahan bakar dan oli telah tercampur bahan balin seperti tercampur air atau juga penggunaan bahan adiktif yang kurang pas.

Dan masih banyak contoh-contoh tampilan busi yang menunjukan apakan kondisinya masih bagus dan atau sudah tidak bagus lagi pada kondisi kendaraan. Dan tetapi kalian jangan lupakan untuk merawat busi yang berada pada kendaraan kalian, agar tetap awet, untuk beberapa ahli mekanik telah menganjurkan agar busi kondisinya selalu di bersihkan setelah motor tersebut berjalan jika sudah menempuh jarak 2.500 km dan juga di ganti setelah 10.000 km hingga pada 15.000 km.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti | Heri Marianto | 4.5
Shares