[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor

[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor “Wajib Baca”

[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor – Pada saat rantai sepeda motor menjadi molor/melar atau juga setelan sudah habis memang biasanya telah menandakan bahwa rantai serta gir sepeda motor sudah minta diganti atau sudah aus. Memang rantai bisa dipotong namun lebih baiknya jika sepeda motor kalian untuk jarak yang jauh sebaiknya di ganti dengan yang baru demi kenyamanan serta terhindar dari rantai yang lepas ataupun putus di saat perjalanan.

Akan tetapi terkadang ada kalanya saat sedang tidak pegang dana seperti halnya di tanggal tua yang dimana terbilang kondisinya mungkin menuntut kalian untuk memotong dulu rantai untuk beberapa hari dan sampai gajian.

Dalam pengerjaan memotong rantai biasanya memang agak bikin ribet serta jika kalian tiada biasa melakukannya maka akan agak kesulitan, memanglah terlihat seperti mudah akan tetapi terkadang yang terlihat mudah maka bisa jadi tidak mudah pada saat kalian mencoba lakukan atau untuk mencoba mempraktekannya.

Namun dalam hal ini tenang kami disini akan berbagi tips mudah bagaimana memotong rantai sepeda motor yang bisa kalian lakukan meskipun kalian bukan seorang mekanik sekali pun, nah untuk yang ingin mencobanya simak ulasan berikut ini.

Cara Memotong Rantai Sepeda motor

Adapun dalam hal ini ada beberapa cara memotong rantai sepeda motor yang diantaranya yaitu:

Cara Memotong Rantai Tanpa Melepas Rantai

Untuk cara yang pertama ini ialah sesuai dengan judul yakni cara memotong rantai tanpa lepas rantai dari rangkaian gearnya. Lalu bagaimanakah caranya dan pastinya ini akan memudahkan kalian untuk pengerjaannya. Serta tentunya kali jamin cara ini terbilang sangat mudah untuk dapat dilakukan oleh kalian yang bukan mekanik sekalipun. Dan rahasianya ialah pada alat memotong rantai itu sendiri.

Dalam hal ini bagi yang belum mengetahui diperlukan kalian mengetahui jika terdapat alat khusus untuk memotong rantai dan kalau dibengkel sering disebut dengan alat treker, dengan memakai treker pemotong rantai kalian hanya perlu untuk melepas sambungannya saja serta langsung potong rantai memakai alat tersebut.

[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor
Pada saat melepas sambungan rantai awas perhatikan posisi pada pemasangan spi atau pinnya, saat memasang jangan sampai terbalik karena jika terbalik maka akan bisa lepas nanti rantainya.

Cara Memotong Rantai Dengan Menggunakan Alat Sederhana

Untuk cara yang kedua ini ialah dengan cara potong rantai memakai palu, cara lama ini yang dilakukan jika tidak ada alat treker atau alat potong rantai khusus. Untuk cara memotong dengan cara ini maka untuk dapat melakukannya harus dilepas rantai dari girnya. Dan sebagai batang pendorongnya yang nantinya akan dipukul palu harus yang kuat serta tidak mudah bengkok, bisanya memakai besi yang tebal atau memakai kayu yang kuat.

[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor
Setelah rantainya terpotong maka langkah yang berikutnya pasti kalian harus merakit serta memasangnya kembali, saat merakitnya maka seperti yang sudah dikatakan di awal pasang sambungannya jangan sampai terbalik, lalu harus dilakukan penyetelan kerenggangan serta awas pada tahap ini untuk tingkat kerenggangan rantai jangan terlalu keras dan jangan terlalu kendor juga.

Untuk menjaga agar rantai awet maka lakukan pelumasan rantai memaki pelumas rantai khusus atau chain lube, dengan memakai cairan rantai maka rantai yang telah terlumasi bukan hanya luarnya saja akan tetapi juga meresap ke dalam rantai. Cuci serta lumasi rantai jika kotor dan kering, cara ini supaya rantai tetap awet dan tidak berisik.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[100% Simpel] Cara Memotong Rantai Sepeda Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares