[100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin

[100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin

[100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai mencari posisi top di motor matik, nah agar lebih jelas simak saja pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Mencari top “T” atau tanda di mana kepala piston ada di puncak “Titik Mati Atas = TMA” dan kedua pelatuk klep dalam keadaan bebas. Di motor bebek atau sport termasuk yang paling mudah. Sebab tanda itu bisa dilihat dari lubang intip yang biasanya ada di bak mesin sebelah kiri atau bak magnet.

Cara Melihatnya tinggal mengendurkan baut penutup lubang intip pakai kunci ring 14. Nah dari situ tanda top yang terukir di lingkar luar magnet dapat terlihat jelas. Hanya dengan memutar posisi searah jarum jam atau sebaliknya.

Jika tanda T dan posisi pelatuk klep bebas, artinya benar-benar top yang pas. Berbeda jika piston atau seher di atas tapi pelatuk diraba masih keras atau tidak goyang. Itu menandakan klep masih dalam posisi membuka. Posisi begitu bisa diartikan sedang overlap.

Cara Mencari Posisi Top Di Motor Matik

Rada repot kalau mau cari tanda “T” di mesin matik, selain terlindung bodi skubek yang matik itu, mesin juga di cover plastic hitam yang bertugas sebagai rumah aliran angin hasil putaran kipas engine. Makanya buat yang awam sama mesin matik, agak sulit mencari dimana keberadaan tanda T-nya.

Di matik memang tidak ada lubang intip tanda “T” seperti di bebek atau sport, namun tanda itu bisa kita lihat hanya dengan membuka cover kipas mesin yang rata-rata ada di sebelah kanan. Kita pun mesti cerdas melihatnya.

Karena tanda top di matik itu enggak bisa dilihat dari lubang, apakah huruf T di magnet sejajar dengan garis yang ada pada lubang intip. Tapi tanda top di magnet matik mesti sejajar dengan tanda panah atau segitiga yang umumnya tertera pada crankcase.

[100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin

Biar bacanya mudah selain buka cover bodi kanan tutup kipas yang diikat 4 baut juga mesti dibuka. Cuma biar memutar magnetnya gampang, kipas jangan dilepas atau bisa menggunakan kunci sok untuk memutarnya, apalagi kalau busi ikutan dilepas biar putarannya menjadi ringan.

Jika kipas sudah terlihat jelas untuk menentukan posisi top, klep in-ex bebas dan seher berada di TMA ada baiknya gunakan bantuan obeng panjang untuk menentukan patokannya. Kalau piston tepat di atas, kedua klep bebas dan posisi top magnet dengan tanda panah lurus, artinya timing pengapian tidak ada masalah.

Demikianlah pembahasan [100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[100% Mudah] Mencari Posisi Top Di Motor Matik,,, Tandanya Di Balik Kipas Mesin | Heri Marianto | 4.5
Shares