[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet

[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet “Untuk Diketahui”

[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet – Dalam hal ini kopling merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.

Tujuan utama dari kopling ialah menyatukan dua bagian yang dapat berputar, dengan pemilihan, pemasangan dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum dan biaya perawatan bisa diperkecil.

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri

Untuk hal ini kalian yang suka dalam mengendarai motor yang berkopling..?? bagi orang yang terbiasa mengendarai motor pakai kopling akan kurang rasanya kalau mengendarai motor tanpa kopling, selain terlihat lebih keren, motor kopling juga membuat pengendaranya lebih nyaman.

Tarikan pertama motor kopling serta pengendalian gas motor yang sepenuhnya kita kendalikan menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai motor berkopling, namun seiring dengan usia pemakiannya, kampas kopling akan terus menipis sampai habis.

Bila motor kalian sudah terasa kurang enak atau kurang nyaman saat perseneling kita akan segera mengganti kampas kopling, stop hal ini ternyata bisa jadi kampas kopling kalian hanya butuh distel lagi saja. Untuk perlu diketahui bahwa umur kampas kopling normalnya sekitar 24.000 km. Supaya menghemat biaya sekitar 60.000 alangkah baiknya kita tahu bagaimana cara menyetelnya supaya pas, untuk motor Yamaha letaknya ada di kiri, untuk Honda dan Suzuki dan lain-lain ada di kanan.

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek

Untuk kali ini kami akan berbagi bagaimana cara menyetel kopling motor bebek sendiri tanpa riber, sesuai selera kita masing-masing, nah kira-kira apa saja yang harus dilakukan supaya saat persneling kembali terasa nyaman dan enak..?? silahkah ikuti cara menyetel kopling motor bebek berikut ini.

Peralatan Yang Digunakan

Adapun untuk peralatan yang akan digunakan diantaranya yaitu:

  • Kunci 10-14 “karena tiap merek ada yang berbeda”
  • Obeng + atau Obeng –

Langkah-Langkah Penyetelan

Adapun untuk langkah-langkah penyetelan yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama kendorkan mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring ke arah kiri sampai kendor.[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet
  • Putar baut penyetel kearah kanan “searah jarum jam” sampai terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok “terasa ada sentuhan” dan berhenti.[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet
  • Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 hingga 1/8 putaran.[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet
  • Kencangkan mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
  • Periksa hasil penyetelan dengan cara yaitu:
    1. Hidupkan mesin,
    2. Masukkan perseneling pada gigi 1 dan tahan pedal perseneling,
    3. Putar gas sampai seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000 Rpm,
    4. Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat maka harus diulang langkah diatas.

Bagaimana cukup mudah bukan…??? 🙂 🙂

Nah kini kalian dapat menyetel kopling sendiri di rumah, jadi bisa menghemat biaya keluar bukan dan menghemat kampas juga tanpa harus buru-buru ganti onderdil setiap perseneling terasa kurang nyaman. Namun kalau memang kampas sudah habis, maka sudah selayaknya diganti dengan jarak 24.000 Km.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[100% Mudah] Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet | Heri Marianto | 4.5
Shares