“100% Mudah” Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP

“100% Mudah” Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP “Wajib Baca”

“100% Mudah” Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP – Untuk kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengganti sendiri filter udara motor matic Vario 125 atau 150 Esp,, dalam hal ini pada pergantian filter udara sendiri biasanya dihitung berdasarkan jarak kilomter motor tersebut serta sudah waktunya untuk segera diganti.

Dan sedangkan pada filter udaranya usahakan kalian membeli terlebih dahulu dengan yang baru di dealer atau bengkel terdekat sebelum kalian akan melakukan pembongkaran,, hal ini karena yang ditakutkan ialah kalian sudah membongkar namun filter udaranya malah telah kehabisan di toko tempat jual sparepartnya.

Waktu Pergantian Filter Udara Motor Vario

Untuk hal ini seperti biasa filter udara dapat dibeli di toko spartpart langganan terdekat dengan harga yang kisaran Rp. 47.000 hingga Rp. 55.000 dan juga pasti ada sedikit perbedaan tergantung dari tempat dan juga lokasi tempat kalian tinggal,, hal ini karena jika cukup jauh maka untuk harganya pun pastinya sedikit lebih mahal.

Hal demikian karena memanglah cukup disayangkan pada jenis filter udara pasa motor Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP ini karena merupakan Filter udara yang menggunakan tipe wet element cleaner atau kertasnya berlapis oli. Hal tersebut tidak bisa dibersihkan dan juga memerlukan untuk dilakukan pergantian filternya setiap menempuh jarak 16.000 km.

Maka dari itu apabila memang sudah waktunya untuk segera diganti yang disebabkan kondisinya kotor dan berdebu maka filter udara yang lama juga perlu kalian ganti dengan yang masih baru. Kembali lagi ke pembahasan awal yakni bagaimana cara paling gampang mengganti filter udara Honda Vario 125 eSP dan 150 terbaru,, karena memang sama dari bentuk mesin dan bodinya dan hanya berbeda di cc nya saja,,

Hal itu karena memang tidak susah dan hanya membutuhkan obeng jenis plus saja untuk membukanya, memang untuk mengganti sendiri filter udara pada motor vario 125 atau 150 eSP kalian hanya perlu menyiapkan alat seperti obeng saja. Hanya obeng jenis plus yang ukurannya agak panjang dan bila memang udah punya serta filter pengganti sudah di beli. Maka langsung saja dengan mempraktekan caranya dan untuk lebih jelasnya simaka pemaparannya di bawah ini.

Cara Mengganti Filter Udara Vario

Adapun yang dilakuan untuk cara mengganti filter diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama dipastikan motor vario kalian distandar dua dan pastikan tidak akan jatuh.
  • Lalu siapkan juga obeng plus yang memiliki ukurannya agak panjang supaya mudah saat akan membukanya.

Untuk itu langsung saja ke pengerjaan:

  • Kalian dapat membuka tujuh baut yang berada di bagian box filter dengan menggunakan obeng.
  • Jika semua baut sudah terbuka dapat copot bagian depan atau penutup filter dan lalu kalian lepas filter udara yang lama.
  • Dan bila sudah pasang filter yang baru dan tutup kembali seperti semula.

"100% Mudah" Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP

Nah bagaimana cukup mudah buka cara mengganti filter yang baru dan sampai disini sudah cukup dan untuk lebih jelasnya gambar berikut ini kalian dapat bandingkan kondisi filter lama yang kondisinya sudah benar-benar kotor akibat dari debu.

Cara Membersihkan Filter Udara Vario

Nah itulah sedikit perbedaan antara filter yang sudah kotor terkena debu atau masih bersih. Tentu saja kalian harus rajin memeriksa kondisi filter udara untuk selalu dibersihkan atau bahkan langsung mengganti dengan yang baru jika memang diperlukan.

Sedikit tips agar kondisi filter udara tidak mudah kotor,,setelah pada bagian depan filter di buka dan filter lama dilepas,, kalian dapat bersihkan juga bagian penutup filter dengan menggunakan kuas atau lap kain,, hal demikian dilakukan agar debu yang melekat menjadi hilang dan membersihkan bagian permukaan dalam dari filter.

"100% Mudah" Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP

Untuk selanjutnya setelah benar-benar bersih kalian dapat oleskan oli dengan tipis,, dapat dilakukan dengan menggunakan oli yang diteteskan pada tisu usahakan memakai oli yang baru, selanjutnya bisa kalian lap secara merata dan untuk fungsi lapisan oli yang dioleskan menipis tersebut ialah supaya debu yang masuk ke bagian dalam filter dapat terperangkap dan menempel di dinding penutup filter agar bagian utama filter tidak cepat kotor atau bedebu.

Dan untuk bagian dalam penutup filter yang dilapisin oli supaya debu menempel dan filter udaranya tetap bersih,, bila pada bagian penutup filter tadi sudah dibersihkan dan sudah di berikan sedikit oli,, maka langsung saja pasang kembali filter dengan yang baru dan semua bautnya.

Demikianlah pembahasan mengenai “100% Mudah” Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

“100% Mudah” Cara Mengganti Filter Udara Vario 125 Atau 150 eSP | Heri Marianto | 4.5
Shares