[100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX

[100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX – Lihat Disini

[100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX – Untuk hal ini siapa yang tidak kenal dengan motor Yamaha NMAX yang merupakan salah satu motor matic buatan dari Yamaha ini yang dengan mengusung mesin 150cc. Motor NMAX ini sendiri ialah jawaban bagi para pencinta roda dua yang ingin sekalai memiliki sepeda motor matic yang powerfull dan lain dari motor matic yang sudah ada.

Untuk dipasaran sendiri, selain Yamaha NMAX yang didukung mesin 150cc tercatat ada juga jeni motor matic yang lainnya yang juga mengusung mesin 150cc yakni seperti Vario dan PCX dari Honda. Namun untyuk urusan desain, Yamaha NMAX ini sendiri tercatat mempunyai body yang terbilang bongsor dibanding motor 150cc lainnya.

Tapi untuk perjumpaan kali ini kami tidak akan membahas lebih jauh mengenai spesifikasi yang ditawarkan Yamaha NMAX melainkan tentang tips cara mengganti coolant atau air radiator Yamaha NMAX.

Untuk hal ini mungkin kita sudah mengetahui apabila radiator pada sebuah kendaraan bermotor memiliki peranan begitu penting. Yang dimana untuk fungsi dari radiator sendiri ialah untuk menyerap panas dari mesin melalui cairan atau coolant yang mengalir disetiap water jacket yang terdapat di kepala silinder dan silinder.

Nah untuk cairan yang panas tersebut akan diserap atau didorong menuju radiator melewati pipa kecil yang di dalamnya ada cairan coolant dalam jumlah banyak, dengan hal ini maka suhu mesin akan menjadi menurun dan tidak mudah overheat.

Nah, kemudian cairan coolant yang telah didinginkan tadi pun akan berputar atau kembali lagi ke mesin. Maka dari itu, melihat betapa pentingnya keberadaan air radiator kita perlu mengecek air radiator secara berkala, bila air atau coolant berkurang silahkan anda menambahkan lagi agar radiator dapat bekerja dengan cukup baik.

Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan diantaranya yaitu:

[100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX

  • Hal yang pertama yakni copot dulu baut cover yang ada pada Yamaha NMAX dengan menggunakan kunci T8, bila sudah silahkan anda buka penutup radiator atas dan copot baut exhaust atau pembuangan air radiantor yang terdapat di bagian bawah radiator dengan menggunakan obeng plus (+), putarlah counter-clockwise.
  • Kemudian taruh air radiantor yang lama pada wadah, periksa apakah air radiator sudah terbuang semua. Namun untuk coolant pada tabung resevoir tidak akan ikut terbuang karena ditempatkan ditempat berbeda, karena untuk Yamaha NMAX tabung reservoirnya diletakan lebih bawah dari radiator.
  • Untuk bisa membuang air coolant di tabung reservoir, silahkan buka selang dibawah tabung tersebut.
  • Caranya bukalah cover board rest atau lebih dikenal pijakan kaki, terdapat 4 clipper yang dapat dibuka pakai obeng plus (+). Tusuk bagian tengah pada clipper dan tarik sampai terlepas. Setelah itu, anda dapat melihat tabung reservoir dan bisa mencabut selang dibagian bawah dengan membuka penjepit yang ada pakai tang.
  • Lepaskan karet untuk alas pijakan kaki serta cover penutup dan karet penutup tabung reservoir dengan ditarik ke atas hingga terlepas semua.
  • Kalau air radiator atau coolant pada tabung reservoir dan radiator sudah terbuang semua, silahkan pasang lagi baut penutup pada lubang pembuangan radiator dan pasangkan lagi selang di tabung reservoir. Sampai disini anda dapat mengisikan cairan coolant baru sampai akan tersisi penuh, jangan sampai tumpah dan kebanyakan.
  • Setelah itu pasang lagi karet penutup, cover tabung reservoir dan karet pijakan kaki bawah seperti semula, kemudian nyalakan mesin beberapa saat sambil radiator dibiarkan terbuka dan lihat batas ketinggian cairan radiator pada bibir radiatornya. Bila tidak berkurang atau malah meluap, maka silahkan matikan mesin dan tutup kembali radiatornya sampai terkunci, “kalau kesulitan saat akan mengisi ulang air radiator lewat lubang radiator, anda dapat buka dulu baut cover disamping pijakan kaki dengan memanfaatkan kunci L”.
  • Dan anda dapat memasang lagi komponen yang sudah dilepas ke tempat awalnya.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[100% Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX | Heri Marianto | 4.5
Shares